Fashion Style

Minggu, 04/02/2018

Waspada Gejala Difteri, Jika Leher Bengkak Seperti Leher Banteng

Waspada Gejala Difteri, Jika Leher Bengkak Seperti Leher Banteng

Hery Budiyantoro

Editor : Hery Budiyantoro


Dibaca 53 kali

Jakarta. Salah satu penyakit yang masih harus diwaspadai oleh anak-anak sampai orang tua adalah difteri. Gejala awal munculnya difteri sangat beragam. Mulai dari demam, nyeri di tenggorokan, sampai timbulnya pembengkakan di leher. Gejala fisik yang terakhir disebut kemudian melahirkan istilah bull neck atau leher yang membengkak seperti leher banteng.

Selain itu, bull neck yang diakibatkan oleh difteri dapat dipastikan dengan terlihatnya pseudomembran atau selaput berwarna putih keabu-abuan di tenggorokan.

Menurut dr. Fiona Amelia MPH dari KlikDokter, pembengkakan pada jaringan di bagian leher atau bull neck ini enggak bisa dianggap sepele. Ia menuturkan bahwa invasi bakteri Corynebacterium diphteriae semakin parah.

“Bedanya dengan penyakit lain, bull neck pada difteri ini terjadi pada jaringan lemak saja. Secara fisik, seperti orang yang terlihat menggemuk. Nah, pembengkakan leher yang diakibatkan difteri atau bukan, biasanya perlu dipastikan dari hasil pemeriksaan darah,” terang Fiona, seperti dikutip dari laman KlikDokter, Sabtu (27/1/2018).



BACA JUGA



BERITA TERKAIT